PROFIL SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG

 TARGET KE DEPAN

SMA XAVERIUS 1  PALEMBANG

 ( DIVISI    KURIKULUM  )

I. Hasil yang Diharapkan

a.                   Memiliki Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai profil sekolah

b.                  Memiliki silabus semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

c.                   Terapainya pemetaan semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

d.                  Tersedianya RPP semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

e.                   Memiliki sarana prasrana yang memadai

f.                    Tersedianya media pendidikan untuk semua mata pelajaran

g.                   Terpenuhinya sistem penilaian sesuai SNP

h.                   Tercapainya kompetensi-kompetensi kelulusan sesuai SNP

i.                     Tersedianya kurikulum muatan lokal

j.                    Tercapainya strategi pembelajaran SNP

k.                  Tersedianya metode pembelajaran sesuai mata pelajaran

l.                     Terlaksananya kegiatan lomba-lomba ilmiah akademis- bidang lain

m.                 Terlaksananya festival apresiasi seni

n.                   Menjadi juara KIR, baik lokal maupun nasional

o.                  Tercapainya situasi dan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif

p.                  Tercapinya budaya disiplin sekolah, untuk smeua konstituen, mulai dari pimpinan, staf, guru, karyawan, dan siswa

q.                  Tercapainya lingkungan sekolah bersih, aman, rapi, dan indah.

 

II. Strategi Pelaksanaan / Pencapaian

a.       Pengembangan kurikulum menjalin kerja sama dan mengoptimalkan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK, KD, membuat silabus, membuat RPP, model-model penilaian, melalui work shop, untuk menghasilkan dokumen kurikulum sekolah.

b.      Pengembangan sarpras dan media pendidikan, bekerja sama dengan pihak lain dan mengoptimalkan standar sarpras dan media pembelajaran sekolah.

c.       Pengembangan system penilaian melengkapi dan bekerja sama dengan MGMP untuk membuat model-model penilaian.

d.      Menjalin kerjasama dengan lintas sektoral misalnya camat, lurah, tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan perusahaan yang peduli pendidikan.

e.       Melengkapi struktur organisasi job discription dengan segala pendukungnya.

f.        Kerjasama dengan perguruan tingi, konsultan sekolah lain yang lebih maju, melengkapi literatur manajemen dan melaksanakan diklat.

g.       Pengembangan kompensasi prestasi/lulusan mengoptimalkan warga sekolah dalam melaksanakan pembelajaran, work shop untuk mencapai hasil.

h.       Pengembangan kurikulum mulok : bekerja sama dengan Home Industri dan Pengusaha Kecil yang berada di sekitar sekolah untuk mendapatkan dokumen kurikulum mulok..

i.         Pengembangan strategi pembelajaran : bekerja sama dengan MGMP dan lembaga lain untuk melaksanakan pelatihan strategi pembelajaran.

j.        Pengembangan metode pembelajaran : mengoptimalkan warga sekolah, tenaga kependidikan dalam melaksanakan penataran untuk membuat model-model pembelajaran.

k.      Pengembangan kegiatan olahraga : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan lomba-lomba dan pelatihan olahraga.

l.         Pengembangan kegiatan kesenian : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan lomba-lomba dan pelatihan kesenian.

m.     Pengembangan kegiatan keagamaan : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan keagamaan.

n.       Pengembangan kegiatan pembiasaan (kebudayaan) : mengoptimalkan fungsi seluruh tenaga kependidikan untuk melaksanakan kegiatan pembiasaan di sekolah.

o.      Pengembangan sanitasi / sekolah sehat : mengoptimalkan sumber biaya sekolah dan bekerja sama dengan komite sekolah untuk penataan lingkungan sekolah yang sehat.

p.      Pengembangan kegiatan KIR : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan KIR.

III. Program-program Strategis

  1. Pengembangan kompetensi dasar
  2. Pengembangan silabus
  3. Pengembangan RPP
  4. Pengembangan Sarpras dan media pendidikan
  5. Pengembangan system penilaian
  6. Pengembangan komptensi prestasi lulusan
  7. Pengembangan kurikulum muatan local
  8. Pengembangan strategi pembelajaran
  9. Pengembangan metode pembelajaran
  10. Pengembangan kegiatan olahraga
  11. Pengembangan kegiatan kesenian
  12. Pengembangan kegiatan KIR
  13. Pengembangan kegiatan keagamaan
  14. Pengembangan kegiatan pembiasaan (kebudayaan bangsa)
  15. Pengembangan sanitasi/sekolah sehat

IV. Target Sekolah

1.      Standar dalam Pengembangan Kurikulum

1.1  Melaksanakan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

1.1.1 Bahan Kajian Kurikulum
1.1.2 Pedoman Pelaksanaan
1.1.3 Bahan Ajar Kurikulum

1.2  Melaksanakan pengembangan pemetaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

1.2.1 Pemetaan SK, KD Indikator dan aspek untuk Kelas X s,d, XII semua mata  pelajaran

1.3  Peningkatan Pengembangan silabus

1.3.1 Silabus untuk kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS untuk semua mata pelajaran

1.4  Peningkatan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1.4.1  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1.4.2  Lampiran

         1.4.2.1 Bahan Ajar
         1.4.2.2 Instrumen Penilaian
         1.4.2.3 Alat Bantu Pembelajaran

2.      Standar dalam Proses Pembelajaran

2.1  Melaksanakan pengembangan proses pembelajaran di sekolah.

2.1.1  Metode pembelajaran dengan pendekatan ICT

2.1.2  Metode belajar tuntas

2.1.3  Pendidikan kecakapan hidup pra-vocasional

2.1.4  Metode pembelajaran dengan pendekatan lingkungan

3.      Standar dalam Kelulusan:

3.1  Sekolah mencapai standar kelulusan 100%

3.2  Output dapat diterima di perguruan tinggi negeri / swasta berkualitas, baik di dalam   maupun di luar negeri.

3.3  Output dapat berwirausaha (bagi yang tidak melajutkan)

 

4.      Standar dalam Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan

4.1  Sekolah mencapai standar kualifikasi tenaga pendidik

4.2  Sekolah mencapai standar kompetensi tenaga pendidik

4.3  Sekolah mencapai standar kompetensi Tenaga TU

4.4  Sekolah mencapai standar komptetensi Tenaga Perpustakaan dan Laboratorium

4.5  Sekolah mencapai standar monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Tenaga kependidikan

5.      Standar dalam Bidang Fasiltias Pendidikan

5.1  Sekolah mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan

5.2  Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendidikan sesuai tuntutan pengembangan kurikulum

5.3  Sekolah memiliki media dan alat pembelajaran

6.      Standar dalam Pengembangan Sekolah Sehat

6.1  Memiliki Lingkungan Sekolah yang Sehat

6.2  Memiliki Ruang UKS yang standar

6.3  Memiliki Tenaga Medis / yang memilii kemampuan sebagai tenaga medis

7.      Standar dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah

7.1  Mengimplementasi MBS

7.2  Memiliki Administrasi Sekolah yang Lengkap dan Standar

7.3  Memiliki Sistem Organisasi Fungsi Kerja Sekolah yang Standar

8.      Standar dalam Pengembangan Sumber Daya Sekolah

8.1  Sekolah memiliki lingkungan yang mendukung KBM

8.2  Sekolah mitra kerja sebagai sumber belajar yang membantu pembiayaan pendidikan

8.3  Standar Penilaian Prestasi akademik dan Non-akademik

8.4  Sekolah mencapai standart perangkat model – model penilaian pembelajaran

8.5  Sekolah mencapai Implementasi model evaluasi

9.      Wajah Sekolah.

9.1  Halaman depan

9.2  Halaman dalam

9.3  Ruang Guru

9.4  Ruang Tata Usaha

9.5  Ruang Perpustakaan

9.6  Ruang Pertemuan

9.7  Laboratorium

9.8  Lapangan Olahraga

9.9  Ruang Multimedia..

10.  Visi dan Misi

10.1    VISI: Menjadi pusat keunggulan layanan pendidikan berdasarkan cinta dan kasih.

10.2    Indikator:

10.2.1    Unggul dalam Pengembangan Kurikulum

10.2.2    Unggul dalam Proses Pembelajaran

10.2.3    Unggul dalam Tenaga Pendidik & Kependidikan

10.2.4    Unggul dalam Sarana dan Prasarana

10.2.5    Unggul dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah

10.2.6    Unggul dalam Pengembangan sumber daya Sekolah

10.2.7    Unggul dalam Pengembangan Sekolah Sehat

10.2.8    Unggul dalam Standart Penilaian Prestasi Akademik dan Non-akademik

10.2.9    Unggul dalam Kelulusan

10.3    Misi:

10.3.1    Unggul dalam Pelaksanaan  Pengembangan Kurikulum

10.3.1.1    Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

10.3.1.2    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Silabus

10.3.1.3    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

10.3.1.4    Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok)

 

10.3.2    Unggul dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran

10.3.2.1    Metode Pembelajaran

10.3.2.2    Strategi Pembelajaran

10.3.2.3    Inovasi dalam pengelolaan kelas

10.3.2.4    Koordinasi Proses Pembelajaran

10.3.2.5    Pengendalian Proses Pembelajaran.

10.3.3    Unggul dalam Tenaga Pendidik & Kependidikan dengan Melaksanakan Standardisasi dan Pengembangan.        

10.3.3.1    Kualifikasi Akademik

10.3.3.2    Kompetensi Guru: (1) Kompetensi Paedagogis (1) Kompetensi Profesi; (2) Kompetensi Kepribadian; (3) Kompetensi Sosial (4) Kompetensi spirirtual

10.3.3.3    Kompetensi Tenaga Tata Usaha

10.3.3.4    Kompetensi Tenaga Keperpustakaan

10.3.3.5    Kompetensi Tenaga Laboratorium

10.3.3.6    Profesionalisme Petugas-petugas Esktrakulikuler

 
 

 

10.3.4    Unggul dalam Sarana dan Prasarana Sekolah melalui Pelaksanakan dan Pengembangan :

10.3.4.1    Prasarana Sekolah

10.3.4.2    Sarana Sekolah

10.3.4.3    Sumber Daya Alam yang dimiliki Sekolah

10.3.4.4    Media dan Alat Pembelajaran

 
 

 

10.3.5    Unggul dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah

10.3.5.1    Melaksanakan Implementasi MBS

10.3.5.2    Melaksanakan pengembangan administrasi sekolah

10.3.5.3    Melaksanakan pengembangan pengorganisasian tenaga kependidikan

10.3.6    Unggul dalam Pengembangan Sumber Daya Sekolah

10.3.6.1    Melaksanakan Pengembangan Lingkungan dalam sekolah sebagai Sumber Belajar

10.3.6.2    Melaksanakan pengembangan lingkungan di sekitar Sekolah sebagai Mitra Kerja Sekolah

10.3.7    Unggul dalam Pengembangan Sekolah Sehat

10.3.7.1    Melaksanakan Penataan Taman dan Kebun Sekolah yang dapat mendukung lingkungan sehat

10.3.7.2    Melaksanakan Pengembangan Ruang dan Fasilitas Kesehatan

10.3.7.3    Meningkatkan Kerja Sama dengan kalangan Medis untuk pemeriksaan kesehatan siswa secara berkala.

10.3.8    Unggul dalam Standart Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik

10.3.8.1    Melaksaankan Pengembangan Perangkat / Model-Model Penilaian

10.3.8.2    Melaksan/implementasi Model Evaluasi

10.3.8.3    Melaksanakan sistem pelaporan hitam putih, elektronik, dan  digital

10.3.9    Unggul dalam Kelulusan:

10.3.9.1    Sekolah mencapai standar kelulusan 100%

10.3.9.2    Output dapat diterima di perguruan tinggi negeri / swasta berkualitas, baik di dalam   maupun di luar negeri.

10.3.9.3     Output dapat berwirausaha (bagi yang tidak melajutkan)

 

10.3.10 Sasaran Urgen Mendesak segera Kita Wujudkan:

10.3.10.1      Memiliki Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai profil sekolah

10.3.10.2      Memiliki silabus semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

10.3.10.3      Terapainya pemetaan semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

10.3.10.4      Tersedianya RPP semua mata pelajaran kelas X, XI, XII

10.3.10.5      Memiliki sarana prasrana yang memadai

10.3.10.6      Tersedianya media pendidikan untuk semua mata pelajaran

10.3.10.7      Terpenuhinya sistem penilaian sesuai SNP

10.3.10.8      Tercapainya kompetensi-kompetensi kelulusan sesuai SNP

10.3.10.9      Tersedianya kurikulum muatan lokal

10.3.10.10  Tercapainya strategi pembelajaran SNP

10.3.10.11  Tersedianya metode pembelajaran sesuai mata pelajaran

10.3.10.12  Terlaksananya kegiatan lomba-lomba olahraga dengan prestasi

10.3.10.13  Terlaksananya kegiatan lomba dan apresiasi kesenian

10.3.10.14  Memperoleh juara KIR tingkat nasional

10.3.10.15  Tercapainya situasi dan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif

10.3.10.16  Tercapinya budaya disiplin di sekolah

10.3.10.17  Tercapainya lingkungan sekolah sehat

 

10.3.11 Target yang Diharapkan

10.3.11.1   Pelaksanaan Program Belajar Intensif

10.3.11.2      Pengembangan Bidang Akademik

10.3.11.3      Pengembangan Bidang Olahraga

10.3.11.4      Pengembangan Bidang Kesenian

10.3.11.5      Pengembangan Layanan dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran

10.3.11.6      Pengembangan dalam Olimpiade Sains, baik nasional maupun internasional

10.3.11.7      Pengembangan Kegiatan Karya Ilmiah Remaja

10.3.11.8      Pengembangan Life Skill

 

Palembang, 2 Mei 2008

Drs. Kasdi Haryanta

 
 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: